STUDY TOUR AISI SMA NEGERI 2 P. SIANTAR

AEK NAULI, SIMALUNGUN, TANGGAL 21-23 DESEMBER 2011
       Pada tanggal 21-23 Desember 2011 yang lalu, organisasi AISI (Asosiasi Independen Studi Ilmiah) SMA Negeri 2 Pematangsiantar mengadakan Studi Tour ke Aek Nauli, Parapat. Kami berangkat dari SMA Negeri 2 Pematangsiantar kira-kira pada pukul 16.00 WIB dan sesampainya di Aek Nauli sekitar pukul 17.30 WIB. Saat sampai di sana kami langsung membereskan barang-barang lalu kami pergi ke Mesjid untuk Shalat Ashar. Setelah Shalat, kami kembali ke Aula (tempat kami menginap) di Kampus Aek Nauli untuk beristirahat sejenak sambil menunggu Azan Magrib tiba. Setelah shalat dan menikmati makan malam, kami diberi arahan oleh kakak-kakak senior yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng.

Keesokan harinya, kami bangun pada pukul 05.00 WIB lalu melaksanakan shalat subuh. Kamudian kami membereskan ruangan dan melakukan senam/lafi pagi. Setelah itu kami mandi lalu sarapan pagi. Kegiatan kami pada hari kedua adalah tracking (mendaki bukit). Kami berangkat tracking sekitar pukul 10.00 WIB. Saat di perjalanan kami banyak menemukan pepohonan disertai nama latinnya. Perjalanan itu sangat melelahkan sebab banyak tanjakan-tanjakan yang tajam dan licin. Banyak rintangan yang kami hadapi yaitu tanjakan yang tajam, tanah yang becek dan berlumpur. Tetapi saat sampai di puncaknya, rasa lelah itu terbayar dengan indahnya pemandangan yang terhampar di depan mata kami. Ya, panorama Danau Toba dari ketinggian 1384 m dpl sangat indah dan menakjubkan. Setelah puas menikmati keindahannya, kami kembali ke tempat peristirahatan. Di perjalanan pulang pun kami masih menjumpai rintangan-rintangan. Setelah sampai di Aula, kami langsung beristirahat dan makan siang. Lalu kami melanjutkan kegiatan lain, yaitu penanaman pohon.
     Malam kedua itu merupakan malam puncak dari segala kegiatan Studi Tour. Malam itu kami mengadakan acara api unggun. Api yang menyala menandai keakraban yang tercipta antara senior dan junior semenjak kami tiba di tempat ini. Dinginnya udara malam itu tidak terasa berkat hangatnya api unggun dan hangatnya keakraban kami disana. Kami bernyanyi diiringi gitar, dan melakukan renungan malam sebagai refleksi dari apa yang telah kami lakukan selama ini. Ketika jam menunjukkan 23.45, kami mengakhiri kegiatan dan beranjak tidur.

Pada hari ketiga, setelah sarapan pagi kami diberi pelajaran mengenai “Cara Menulis Laporan Ilmiah” oleh narasumber Bapak Alben Sigiro, M.Hum selama kurang lebih 1 jam. Selesai mendengarkan penyajian materi tersebut, kami melakukan penelitian/pengamatan di Laboratorium Balai Penelitian Kehutanan Aek Nauli. Sekitar pukul 10.35 WIB kami melakukan observasi di rumah kaca (Green House) dan Arboretumuntuk mengamati jenis-jenis pohon, pembagiannya, dan kegunaannya. Setelah selesai kami kembali ke Aula untuk beristirahat sejenak sambil mengemas barang-barang yang akan dibawa pulang.

Sebagai acara penutup, kakak-kakak senior mengumumkan peserta terbaik putra dan putri yaitu : Iqbal Savana untuk putra dan Mufida Aulia untuk putri. Selain itu, kami juga membuat angket untuk menentukan beberapa kategori senior, seperti predikat Senior Paling Ramah yang jatuh ke tangan Kakak Ketua Umum AISI yaitu M. Deny Gusman. Ketua I AISI, Wawan Syahputra mendapat gelar Senior Paling Perhatian. Bendahara I AISI, Idia Fhitri Syawalina mendapat predikat Senior Paling Lembut, sedangkan Dara Adinda Kesuma sebagai Sekretaris I AISI mendapat gelar Senior Paling Berwibawa. Dan masih banyak lagi kategori senior lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Pembina AISI Ibu SAM Siregar memberikan arahan/ bimbingan kepada kami. Tepat pukul 15.00 WIB kami berangkat pulang dan sampai di SMA Negeri 2 Pematangsiantar pada pukul 16.00 WIB dengan selamat.
Para peserta berbaris sebelum berangkat Studi Tour.